Tentara Lebanon Bubarkan Aksi Protes Anti Syiah Hizbullah Pasca Sholat Jum’at

militer lebanon111Tentara Lebanon melepaskan beberapa tembakan untuk membubarkan aksi protes di luar sebuah masjid di pelabuhan selatan Sidon pada hari Jumat, beberapa hari setelah militer Lebanon memerangi militan Islam Sunni di sana dan militer merebut kuasai  daerah tersebut.

Pertempuran di  awal pekan ini adalah  kekerasan mematikan  di Lebanon yang terpacu oleh konflik dua tahun di  Suriah. 18 tentara Lebanon  tewas dan puluhan pendukung  ulama Sheikh Ahmed al-Assir juga meninggal.

Pada hari Jumat saksi kejadian di Sidon terlihat bangunan hangus dan lubang lubang peluru terhamburan di bangunan Masjid Bilal bin Rabah . Para  jamaah melihat lontaran api tembakan dari militer yang ditujukan untuk menakuti demonstran pro- syeikh Al Assir  berkerumun setelah menyelesaikan shalat Jumat .

Militer mengatakan tentara telah menembakkan ke udara dan bukan  pada demonstran.

Al Assir, yang masih dalam pelarian, adalah pendukung setia Muslim Suriah   dan menuduh militer Lebanon mendukung kepentingan kelompok Syiah Hizbullah, yang telah secara terbuka memasuki pertempuran di Suriah untuk mendukung Assad. (Arby/Dz)