Kekuatan ‘Tornado’ Memporak Porandakan Oklahoma, Sebuah Musibah bagi AS

tornado oklahomaTornado besar dengan kecepatan angin hingga 320 Km/jam  telah merangsek Kota Moore, di tepi Oklahoma, setidaknya dua sekolah dan  bangunan sekitarnya rusak berat.

Setidaknya 50 orang tewas, termasuk tujuh anak-anak di sekolah yang runtuh selama badai. Tujuh puluh lima anak berlindung di sana dari tornado di kota Moore. Hingga dua puluh orang lebih masih diyakini terperangkap di bawah reruntuhan setelah serangan  tornado Senin kemarin.

Presiden Barack Obama berbicara dengan Gubernur Oklahoma Mary Fallin, mengungkapkan keprihatinannya bagi mereka yang tertimpa musibah dan menjanjikan semua bantuan yang diperlukan akan disediakan.

Pada konferensi pers di Oklahoma City, Fallin mengatakan bahwa  bantuan tambahan telah dikerahkan dari  berbagai negara  bagian, termasuk anjing penyelamatan, sebagai cara untuk terus mencari orang-orang yang mungkin hilang dalam tragedi ini. ”

Dia mendorong warga sipil untuk menjauh dari daerah yang terkena bencana .

Saksi mata mengatakan tornado Senin kemarin sangat ganas merusak lebih daripada tormado yang terjadi pada tanggal 3 Mei 1999, kala itu menewaskan lebih dari 40 orang dan menghancurkan ribuan rumah. (Alj/KH)