Tembakan dari Suriah Melukai Dua Warga Turki di Provinsi Hatay

Dua warga sipil di provinsi Hatay Turki terluka akibat tembakan dari wilayah Suriah pada hari Kamis ini (8/11), kata seorang pejabat Turki.

Dua warga Turki di kota perbatasan Ceylanpinar dikejutkan oleh peluru nyasar yang ditembakkan dari kota Suriah Ras al-Ain di seberang perbatasan di mana pemberontak Suriah berjuang melawan pasukan pemerintah.

Seorang wanita dan seorang pemuda terluka, kata pejabat tersebut.

Kantor berita Anatolia mengatakan kedua korban telah dibawa ke rumah sakit dan pasukan keamanan Turki juga meningkatkan kehadiran mereka di sepanjang bentangan perbatasan.

Turki telah memperkuat keamanan di sepanjang perbatasan 910-km (560 mil) dengan Suriah dan telah menanggapis etiap tembakan dan mortir yang menghantam wilayahnya.

Pada hari Rabu kemarin, para pejabat Turki mengatakan mereka telah meminta NATO untuk menyebarkan rudal Patriot di sepanjang perbatasan untuk menjaga terhadap kemungkinan meluasnya kekerasan akibat konflik di Suriah.

Sebelumnya lima warga sipil Turki tewas bulan lalu ketika sebuah mortir ditembakkan dari Suriah menghantam rumah mereka di Akcakale, sebuah kota perbatasan di provinsi Sanliurfa.

Kepala staf keamanan Turki mengatakan pasukannya akan merespon “dengan kekuatan yang lebih besar” jika mortir terus mendarat di tanah Turki, dan parlemen telah menyetujui penempatan pasukan di luar Turki, mempertinggi kekhawatiran bahwa perang sipil Suriah bisa menyeret dalam konflik regional.(fq/wb)