Taliban Bersiap Menyongsong Operasi Pasukan Asing Juli 2010

Musim panas di Afghanistan akan segera menjelang. Seperti diberitakan sebelumnya bahwa Juli 2010 adalah masa-masa genting yang telah disebutkan oleh pasukan asing di negeri itu bahwa mereka akan segera melakukan tindakan besar terhadap para pejuang Mujahidin Taliban.

Di sisi lain, The Associated Press (AP) menurunkan berita ekslusif bahwa kaum Mujahidin Taliban pun bersiap menghadapinya. Menurut AP, sekarang ini, Taliban telah bergerak ke Kandahar.

Seperti diketahui bahwa selama ini Kandahar merupakan markas Taliban. Menurut salah seorang komandan Taliban, para pejuang akan melihat terlebih dahulu seberapa besar serangan pasukan asing itu. “Kami mungkin akan meninggalkan Kandahar sejenak, dan datang kembali setelah pasukan asing pergi.”

Menurut Mubin, komandan Taliban tersebut, 500.000 rakyat Kandahar benar-benar mendukung Taliban. Itu sebabnya mengapa Taliban tidak pernah mengkhawatirkan serangan itu sama sekali. “Rakyat bersimpati terhadap kami.” Ujarnya. “Kami ini bagian dari rakyat. Setiap hari kami mendapatkan dukungan dari rakyat.”

"Saudara-saudara kami sudah di sini dan siap," katanya. Mubin juga mengatakan pejuang Taliban telah menerima pelatihan yang lebih baik, meskipun ia tidak mengatakan di mana dan oleh siapa.

"Masyarakat dunia harus meninggalkan negara kami dan kemudian kami siap untuk bernegosiasi," pungkasnya. (sa/ap)