Tahun 2007, Masyarakat Uni Emirat Arab Paling Konsumtif

Laporan Ekonomi tahun 2007 Arab Monetary Fund yang berbasis di Abu Dhabi menyebutkan, masyarakat Uni Ermirat Arab menjadi masyarakat yang paling konsumtif dibandingan dengan masyarakat negara-negara Arab lainnya.

Menurut laporan itu, setiap tahunnya warga Uni Emirat Arab membelanjakan uangnya untuk membeli barang dan jasa, sebesar 20, 000 dollar. Tempat kedua negara yang penduduknya paling konsumtif adalah negara Qatar dengan nilai belanja barang dan jasa setiap tahunnya mencapai 12. 500 dollar per orang.

Laporan Arab Monetary Fund yang dirilis Press Trust of India menyebutkan, Kuwait menempati rangking ketiga negara yang masyarakatnya paling konsumtif, disusul oleh negara Bahrain, dengan nilai belanja per orang setiap tahunnya mencapai 9. 266 dollar, disusul Bahrain dengan nilai konsumsi rata-rata 7. 587 dollar per orang.

Sementara negara yang paling miskin di dunia Arab adalah Mauritania. Nilai belanja masyarakatnya paling rendah dibandingkan negara-negara Arab lainnya, yaitu sekitar 362 dollar. Laporan tersebut tidak menyebutkan data berapa nilai konsumsi penduduk Somalia dan Palestina yang sampi saat ini masih menghadapi embargo ekonomi.

Para bankir mengatakan, tingginya tingkat konsumerisme masyarakat Uni Emirat Arab, karena cepatnya pertumbuhan ekonomi negara itu, tingginyq pendapatan per kapita dan kondisi sosial ekonomi yang stabil.

"Faktor lainnya yang harus dipertimbangkan adalah tingginya inflasi, " kata seorang bankir. (ln/alarby)