Syeikh Al Qaradhawi : Koalisi Internasional Anti IS(IS) Hanyalah untuk Kepentingan AS

qaradawiWalaupun menolak kebijakan  pembentukan kekhilafahan  oleh Negara Islam  di Irak dan Suriah , Sheikh Yusuf Al-Qaradawi juga  menegaskan ketidaksetujuannya terhadap koalisi internasional pimpinan AS terhadap kelompok itu, ia menambahkan bahwa Amerika bertindak hanya digerakkan oleh kepentingannya .

“Saya memiliki ide yang sama sekali berbeda dari kebijakan ISIS,” tulis  al-Qaradhawi dalam komentar yang ditulis dalam bahasa Arab pada hari Minggu di akun Twitter al-Qaradawi.

“Di sisi lain, saya tidak menerima tindakan Amerika Serikat untuk memerangi mereka (IS) karena AS bertindak untuk kepentingannya sendiri, bukan nilai-nilai Islam.”

Sekelompok negara, termasuk 10 negara Arab utama , telah sepakat untuk membentuk sebuah koalisi untuk mengatasi IS di Irak dan Suriah.

Perwakilan berbagai negara dari koalisi pimpinan AS telah  bertemu di Paris untuk membagi tugas untuk memperluas operasi militer di Timur Tengah.

Dengan arahan  presiden Perancis dan Presiden Syiah Irak, konferensi yang dikomandoi  AS dan NATO , mengorganisir semua  sekutu Barat dari dunia Arab dan perwakilan dari Uni Eropa.

Para sekutu termasuk Inggris, Perancis, Jerman, Australia, Arab Saudi, Mesir, Uni Emirat Arab dan Irak.

Koalisi baru diumumkan setelah pidato Presiden AS Barack Obama pekan lalu untuk lakukan  serangan udara untuk pertama kalinya di Suriah dan lebih banyak serangan di Irak. (OI/KH)