Suriah Selain Hadapi Serangan Rezim Syiah , Juga Diserang Wabah Polio dan Parasit Pemakan Daging

suriah warAncaman penyakit Polio dan parasit pemakan daging ( leishmaniasis) , adalah a penyakit yang mewabah di Suriah , Organisasi Kesehatan Dunia ( WHO ) mengatakan pekan ini .

Sekitar 22 orang yang terjangkit di provinsi timur laut negara yang dilanda perang itu  menunjukkan gejala yang ” sangat mungkin ” wabah  polio , ujar Oliver Rosenbawer , dari WHO Global Polio Eradication Initiative mengatakan kepada The Telegraph , Minggu .

“Kami masih perlu konfirmasi hasil akhir dari laboratorium , tetapi semua indikator menunjukkan bahwa ini adalah polio , ” kata Mr Rosenbawer .

Jika dikonfirmasi , wabah polio akan Suriah pertama terjadi dalam 14 tahun terakhir .

” Dokter di Suriah juga melihat gejala wabah tifus , hepatitis , dan parasit pemakan daging ( leishmaniasis) , disebabkan karena  kondisi hidup yang buruk dan kurangnya akses  kesehatan , ” media itu  melaporkan .

Polio , adalah penyakit yang sangat menular , menyerang sistem syaraf dan dapat menyebabkan kelumpuhan hanya dalam beberapa jam.

” Selama ada polio di satu tempat , maka negara-negara di seluruh dunia pun beresiko . Yang menyedihkan adalah bahwa tidak ada obat untuk penyakit polio , setelah Anda mendapatkan penyakit  , maka itu akan melekat seumur hidup anda , ” tambahnya .

Leishmaniasis dilaporkan berkembang di daerah yang dilanda konflik seperti Aleppo , di mana jalan-jalan dipenuhi dengan bangkai busuk dan sampah-sampah .

” Dokter mencatat puluhan ribu kasus penyakit tropis , ditularkan oleh lalat  , yang menyebabkan luka di  kulit yang menyerupai kusta , ” lapor The Telegraph .

Kepala kemanusiaan PBB Valerie Amos menyerukan pada hari Sabtu untuk penghentian permusuhan di pinggiran kota Damaskus yang telah dikepung selama berbulan-bulan oleh tentara Suriah , sehingga makanan dan bantuan medis dapat disampaikan .

” Berapa banyak lagi anak-anak, wanita dan pria akan sia-sia kehilangan nyawa mereka ? ” Tanyanya , mengacu pada pengepungan di Moadamiyet al- Sham , Nubil , Zahra , kota tua Aleppo  , kota tua Homs  dan Hassake . (Arby/Dz)