Studi Lembaga Asing: Haji Perkuat Persatuan dan Toleransi Umat Islam

Setelah melakukan studi tentang ibadah haji, Kennedy School of Government di Harvard menyimpulkan bahwa ibadah haji memberikan banyak manfaat bagi umat Islam. Ibadah haji, menurut hasil penelitian itu mendorong kehidupan yang harmonis, damai dan menjamin hak-hak perempuan.

"Ibadah haji meningkatkan keyakinan akan kesetaraan antara umat manusia dan harmoni di kalangan kelompok etnis serta sekte-sekte dalam Islam. Selain itu, ibadah haji juga meningkatkan sikap moral terhadap kaum perempuan, termasuk sikap menerima yang lebih besar terhadap pentingnya pendidikan bagi kaum perempuan dan kaum perempuan yang bekerja, " demikian bagian kesimpulan studi yang diberi judul "Estimating the Impact of the Haj: Religion and Tolerance in Islam’s Global Gathering."

Studi yang dilakukan berdasarkan aplikasi sekitar 1.600 jamaah hai asal Pakistan itu juga menyebutkan bahwa ibadah haji berdampak positif bagi kehidupan jangka panjang umat Islam. Komunitas Muslim, kata studi tersebut, jadi lebih terbuka dalam menyikapi berbagai hal setelah melaksanakan ibadah haji. Ditegaskan pula dalam hasil studi tersebut bahwa, "Ibadah haji meningkatkan persatuan dunia Islam, yang tidak disertai dengan rasa antipati terhadap non-Muslim." (ln/mol)