Steven Cash dan Operasi Blackwater di Pakistan


Di manapun, Blackwater menjadi momok menakutkan. Pasukan rahasia ini dikenal sebagai agen khusus AS yang memorandakan dari dalam kekuatan mereka yang dianggap musuh oleh AS, baik secara kekerasan ataupun dengan cara halus.

Iraq, Afghanistan dan Pakistan, begitulah adanya. Salah satu dari mereka yang bertanggung jawab atas operasi Blackwater di Peshawar adalah Steven Cash. Ia adalah mantan pejabat intelijen CIA. Di Peshawar, Cash tergabung dalam tim pengawas Blackwater bersama James Bill William, Copper, Roderick Christopher dan Alisha Cambel. Mereka telah mempekerjakan beberapa pejabat pemerintah dan tentara pensiun Pakistan dengan imbalan $ 2.000 per hari.

Berbagai wartawan didekati dan ditawarkan suap oleh pejabat tersebut untuk melaksanakan psy-war dan blow up media di surat kabar dan media elektronik di Pakistan. Mereka mendorong jurnalis untuk mempublikasikan berita tentang Taliban, sebagai kelompok militan.

Berapa biaya yang dikeluarkan untuk keperluan media ini? Konon, biaya yang harus dirogoh mencapai $ 1000 per publikasi berita. Rapat atau pertemuan selalu diadakan di berbagai rumah sewaan di University Town, Peshawar.

Steven Cash adalah mantan pejabat senior pemerintah AS. Cash bertugas sebagai Perwira Intelijen sebagai Central Intelligence Agency, pertama sebagai Assistant General Counsel, dan kemudian sebagai Direktur Operasi.

Dia juga menjabat sebagai Chief Counsel untuk Senator Dianne Feinstein dari California, dan sebagai Direktur Staf Minoritas dari Sub-komite Terorisme, Teknologi dan Keamanan Dalam Negeri. Dari 2001 hingga 2003 ia adalah Anggota Staf Profesional dan Counsel untuk Senat AS Komite Intelijen. (sa/alqimmah)