Sinyal Al Sisi Maju Pada Pemilihan Presiden, Dibantah Militer

Abdul Fattah al-SisiSeorang jurubicara militer Mesir membantah pada hari Jumat  bahwa panglima militer Abdel Fattah al-Sisi berusaha untuk mencalonkan diri sebagai presiden dalam pemilihan presiden mendatang.

Juru bicara Angkatan Bersenjata Mesir , Ahmad Mohammad Ali membantah laporan  bahwa Sisi, jenderal  yang memimpin penggulingan mantan presiden Mohammad Mursi, berencana untuk mencalonkan diri sebagai presiden sebagai  “tidak berdasarkan fakta .”

Dalam sebuah pernyataan Mohammad Ali menambahkan, baik Sisi maupun pejabat militer lainnya telah mengisyaratkan niatnya untuk tidak mencalonkan diri sebagai presiden.

Padahal dalam sebuah wawancara pers sebelumnya, Mohammad Ali mengatakan Sisi memiliki hak untuk mencalonkan diri sebagai presiden jika ia pensiun dari dinas militer, mendorong spekulasi bahwa tentara berencana untuk meraih kursi kepresidenan dalam pemilihan presiden yang direncanakan.

Laporan ini memperkuat posisi Islamis untuk meningkatkan demonstrasi menentang Sisi atas perannya dalam penggulingan Mursi.

Pada hari Jumat, ribuan orang Mesir, terutama dari partai-partai Islam, protes nasional menentang Sisi, menuntut dikembalikannya Mursi.(Arby/Dz)