Siapakah Faisal Shahzad?

Tak pelak lagi, saat ini nama Faisal Shahzad menjadi banyak headline media massa internasional. Seperti diketahui, Shahzad disebutkan sebagai pelaku pemboman yang gagal di New York City’s Times Square. Siapakah sebenarnya Shahzad?

Shahzad lahir pada bulan Juni 1979 di kota Pabbi, terletak di barat laut ibukota Pakistan, Islamabad, anak dari seorang pejabat angkatan udara, Baraul Haq. Shahzad menjadi warga negara AS pada 2009, hanya beberapa saat sebelum ia bertolak ke Pakistan. Perjalanannya ke Pakistan ketika itu, menurut para pejabat AS, adalah untuk untuk mengunjungi orangtuanya, dan diperkirakan waktunya selama lima bulan.

Ia menikah dan dikarunia dua orang anak. Anak dan istrinya diyakini tinggal di Pakistan, menurut sebuah sumber kepada kantor berita Associated Press.

Shahzad lulus dari University of Bridgeport di negara bagian Connecticut dengan gelar sarjana dalam bidang aplikasi komputer dan sistem informasi pada tahun 2000. Kemudian ia kembali mendapatkan master dalam administrasi bisnis pada tahun 2005, masih di sekolah yang sama.

Selama tiga tahun kemudian, Shahzad bekerja sebagai analis keuangan junior di Grup Affinion, pemasaran dan konsultasi bisnis, berlokasi di Norwalk, Connecticut. Dia meninggalkan perusahaan itu pada bulan Juni 2009.

Shahzad pernah tinggal di sebuah rumah berlantai dua yang bergaya kolonial dengan wana cokelat keabu-abuan. Ia membeli rumah itu seharga $ 273.000.

Frank Delvecchio, broker yang menjual rumah itu kepada Shahzad, mengatakan bahwa Shahzad menyuruhnya untuk membiarkan bank mengambil rumahnya karena ia berutang begitu banyak, dan berencana untuk kembali ke Pakistan. Wallohu alam bi shawwab. (sa/aljazeera)