Seymour Hers Ungkap Insiden Bom Israel di Suriah

Wartawan AS Seymour Hers mengungkap insiden bom yang dijatuhkan Israel ke wilayah Suriah pada tanggal 8 September tahun 2007 lalu.

Menurut Hers, Israel telah menjatuhkan bom itu tanpa target yang jelas dan tidak yakin dengan sasaran yang dibomnya. Dengan kata lain, Israel sebenarnya melakukan tindakan itu dengan mata "buta."

Hal tersebut diungkapkan Hers dalam acara Late Edition di CNN dan terdapat dalam artikel terbarunya berjudul "A Shot in the Dark" yang akan terbit pekan depan. Dalam artikel tersebut Hers menulis bahwa Israel memutuskan menjatuhkan bom ke fasilitas milik Suriah, padahal Israel belum pasti apa tujuan pem-bom-an itu.

Hers memuat wawancara dengan pejabat AS, Israel dan Suriah untuk menulis artikel tersebut. Hers berkesimpulan, tujuan utama Israel menjatuhkan bom ke wilayah Suriah bulan September tahun lalu hanya untuk menyampaikan "pesan kuat" terhadap Iran.

Dan yang mencengangkan, menurut Hers, meski sudah menjatuhkan bom di wilayah negara lain tanpa alasan jelas, orang-orang Israel yang terlibat bungkam dan Israel baru mengakui tindakannya itu beberapa saat kemudian dengan klaim ingin menghancurkan "pusat nuklir rahasia" milik Suriah. Suriah membantah klaim tersebut dan mengatakan bahwa bom Israel jatuh di kawasan padang pasir. (ln/presstv)