Setelah McChrystal: Siapa Lagi Yang Terdepak Dari Gedung Putih?

Presiden AS, Barack Obama mengatakan dia menerima pengunduran diri Jenderal Stanley McChrystal. Beberapa pengamat memprediksi pemecatan sang komandan tertinggi AS di Afghanistan itu bisa berubah menjadi sekadar "momen" selintas jika Obama tidak terus "membersihkan" rumah staf keamanan nasionalnya.

Ketika mengumumkan pengganti McChrystal yaitu Jenderal David Petraeus, Obama menyatakan, "Ini tuntutan dari misi kesatuan usaha di aliansi kami dan seluruh tim keamanan nasional saya." Dia melanjutkan bahwa "Melakukan hal ini bukan suatu pilihan, tapi kewajiban. Saya menyambut debat antara tim saya, tapi saya tidak akan mentolerir divisi."

Patrick Lang, seorang tentara mantan Green Baret yang pernah memimpin intelijen militer di Timur Tengah dan Asia Selatan, memprediksi bahwa banyak staf Gedung Putih di Kabul juga akan segera didepak. "[Obama] butuh menggantikan orang-orang."

Pertanyaannya: siapa setelah McChyrstal? Analisis mengerucut pada nama Richard Holbrooke, perwakilan khusus untuk Afghanistan dan Pakistan, dan Duta Besar AS untuk Afghanistan, Karl Eikenberry. Kedua utusan ini sering bentrok dengan McChrystal dan, yang lebih penting, partner kunci dalam konflik bagi Presiden Afghanistan, Hamid Karzai.

Kamis kemarin, Obama mengatakan bahwa dia "yakin bahwa kami punya tim di lokasi yang bisa menyelesaikan masalah."

Mungkin. Tapi Eikenberry tidak punya fans di istana presiden di Kabul setelah menentang penempatan pasukan AS lebih banyak, sampai Karzai menindak tindak korupsi yang bocor. Mereka bentrok dengan sebuah memo yang ditulis oleh McChrystal dan diungkapkan dua bulan sebelumnya. Rolling Stone menggambarkan bahwa hak-hak istimewa diplomatik Eikenberry sebagai "hubungan yang paling penting dan tegang" di tim Afghanistan.

The Associated Press melaporkan bahwa hari ini Duta Besar Afghanistan mengatakan kepada wartawan di Kabul, "Apa yang telah berlalu adalah masa lalu."

Holbrooke juga tampaknya berada dalam posisi yang sama. Para utusan khusus dilaporkan masuk dalam lingkaran permainan politik pada pemilihan presiden Afghanistan yang cacat tahun lalu. Hubungan mereka menjadi tegang sejak itu, dan memunculkan pertanyaan tentang gaya Holbrooke yang sering abrasif. (sa/aolnews)