Serangan Udara Rusia Sudah Tewaskan 1.400 Warga Sipil Suriah

Duma, Rusia - Kawasan penduduk sipil 3Eramuslim.com – Serangan udara Rusia terhadap Suriah telah menewaskan hampir 1.400 warga sipil sejak serangan itu dimulai pada empat bulan lalu. Begitu keterangan kelompok monitor HAM Suriah, Sabtu (30/1).

Syrian Observatory for Human Rights yang berbasis di Inggris, menyatakan informasi itu mereka dapatkan dari jaringannya di Suriah. Lebih lanjut dilaporkan bahwa serangan Rusia sudah menewaskan 964 pejuang ISIS dan 1.233 pejuang dari kelompok pemberontak yang lain.

Kelompok oposisi utama di Suriah telah meminta penghentian serangan udara bersama Rusia dan pemerintah Suriah itu, karena kebanyakan korbannya adalah warga sipil yang ada di daerah pemberontak. Penghentian itu disebut adalah prasyarat untuk pembicaraan antara pemberontak dan pemerintah Suriah.

Seperti diberitakan Reuters, Rusia mulai melakukan operasi serangan udara pada 30 September tahun lalu, untuk membantu sekutunya, Presiden Suriah Bashar Al-Assad.

Rusia sendiri mengatakan targetnya adalah kelompok militan ISIS. Tapi kelompok pemberontak dan masyrakat mengatakan, serangan itu justru memporak-porandakan permukiman warga sipil yang tidak berada di area pertempuran. Di Suriah, Komunis Rusia Bersatu Dengan Syiah Iran menghabisi kaum Muslimin. (ts/cnnindonesia)