Serangan Bom Jumat, Beruntun Serang Muslim Sunni di Irak, 58 Orang Tewas

irak bomJumat, 17 may 2013, 58 muslim sunni tewas di Irak dalam serangkaian serangan bom , dua  ledakan  menghantam massa di sebuah masjid Sunni,  dan ledakan lain menghantam sebuah prosesi pemakaman muslim Sunni .  Kedua itu bom meledak di daerah Islam Sunni di Baghdad barat

Bom pertama meledak saat jamaah sedang berada di Masjid Saria di kota Baquba, sebelah utara Baghdad. Bom kedua kemudian meledak setelah banyak orang berkumpul di lokasi paska ledakan yang pertama, sedikitnya 41 orang tewas dan melukai 57 orang dari dua ledakan bom tersebut , kata para pejabat wilayah kepada AFP.

Di Madain, bagian selatan Baghdad, sebuah bom di pinggir jalan meledak di dekat prosesi pemakaman pria Sunni, menewaskan delapan orang dan melukai sedikitnya 25 orang , pejabat keamanan dan medis mengatakan kepada AFP.

Sementara itu, para pejabat Irak mengatakan kepada AP bahwa sebuah bom meledak di lingkungan Sunni di Baghdad barat, menewaskan sedikitnya tujuh orang dan melukai 20 orang.

Serangan pada hari Jumat adalah yang terbaru dalam serangkaian pemboman yang telah ditargetkan kepada  pihak Islam Sunni.

Ketegangan antara pemerintahan perdana menteri Maliki yang beragama Syiah dan minoritas muslim Sunni telah meningkat akhir-akhir ini. Pihak Sunni menuduh pemerintah Irak terus menargetkan serangan kepada komunitas muslim Sunni. (Arby/Dz)