Serangan Bom AQAP Beraksi di Sanaa, 67 Tewas

YEMEN-UNREST-BLASTSetidaknya 67 orang tewas di Yaman pada hari Kamis ketika serangan  bom yang diduga dilakukan oleh anggota AQAP  di ibukota Sanaa dan sebuah kamp militer di Hadhramout selatan-timur negara itu.

Pemboman yang merespon aksi penguasaan kota Sanaa oleh pemberontak Syiah Houthi  menewaskan sedikitnya 47 orang Syiah Houthi dan melukai puluhan lainnya ketika pemberontak Syiah Houthi  berkumpul untuk menggelar demonstrasi, menurut sumber yang dekat dengan pemberontak Syiah.

Serpihan jasad  tersebar di seluruh lokasi Tahrir Square dengan  genangan darah  di atas aspal setelah ledakan,  juga melukai sedikitnya 75 orang.

Di bagian timur Yaman, mujahidin  al-Qaeda di Semenanjung Arab (AQAP) telah mengobarkan serangan berulang pada instalasi militer dan fasilitas pemerintah dalam beberapa bulan terakhir, sedikitnya 20 tentara tewas dalam serangan bom mobil  dan  serangan senjata terhadap sebuah pos militer , kantor berita SABA melaporkan.

Duta Besar AS untuk Yaman , Matthew Tueller mengutuk serangan Sanaa dan mendesak pemerintahan Yaman untuk melaksanakan kesepakatan pembagian kekuasaan dengan Syiah Houthi  agar negara Yaman segera keluar dari krisis yang dipicu oleh pemberontakan arab spring 2011 yang memaksa Presiden  Ali Abdullah Saleh akhirnya  mundur.

Pertempuran  AQAP dengan  pasukan keamanan Yaman telah menjadi konflik kepanjangan di negara miskin yang berpenduduk  25 juta orang, dan konflik ini mengkhawatirkan stabilitas para tetangga negara itu seperti Arab Saudi, eksportir minyak terbesar dunia, dan negara Teluk Arab lainnya. (Arby/Dz)