Separah Itukah Ekonomi Amerika, Obama?

Seberapa buruk ekonomi Amerika saat ini? World Bulletin, mengutip dari Reuters, menyebutkan bahwa Presiden AS, Barack Obama, pada hari Senin kemarin mengusulkan pembekuan gaji para pegawai federal selama dua tahun ke depan, begitu yang dikatakan Gedung Putih.

Menurut administrasi, Pembekuan gaji ini, yang hanya akan berlaku untuk karyawan sipil, akan menghemat $ 2 milyar pada tahun fiskal 2011 saat ini, $ 28 juta selama lima tahun ke depan, dan lebih dari $ 60 miliar selama 10 tahun.

Adapun lebih rincinya, yang terkena pembekuan gaji itu adalah semua pekerja sipil di pemerintah, termasuk di Departemen Pertahanan, namun personil militer tidak akan terpengaruh.

"Menerapkan defisit ini tentu akan membutuhkan pengorbanan yang besar," kata Obama kemarin di Washington. "Dan ini adalah pengorbanan yang harus dibagi oleh karyawan pemerintah federal."

Serikat pekerja pemerintah, yang saat ini membawahi 600.000 pegawai federal, melalui kepalanya, langsung mengecam usulan Obama itu. (sa/bussinessweek/reuters)