Seorang Pejabat Pemerintah Italia, Siap Bagikan T-Shirt Bergambar Kartun Nabi SAW

Dunia Islam boleh saja merasa tersinggung dengan penayangan kartun yang melecehkan Rasulullah Saw oleh sejumlah media massa yang dipelopori oleh Jyllands-Posten, Denmark. Tapi demonstrasi besar yang dilakukan hampir di setiap negara dianggap seperti angin lalu oleh seorang pejabat Italia. Seorang Menteri Italia, Roberto Calderoli, justru berniat membuat t-shirt bergambar kartun yang melecehkan Rasulullah itu.

Niat itu diucapkan Roberto Calderoli dalam wawancaranya kepada wartawan kantor berita Italia. Ia menyebutkan bahwa hendaknya negara Barat bertindak menghentikan aksi kalangan Islam ekstrim dan membagikan kaos bergambar kartun itu kepada siapa saja yang mau memakainya. Roberto Calderoli adalah salah seorang anggota anti-immigran Northern League Party. Ia mengatakan, “Saya punya kaos bergambar kartun yang menghebohkan Islam dan akan mulai saya bagikan hari ini.”

Ia menjelaskan bahwa pembagian kaos itu tidak bertujuan untuk memancing semakin panasnya suasana demonstrasi, tapi karena ia tidak mau dikatakan menjilat kalangan ekstrim Islam. “Ini hanya salah satu sisi yang terlihat dari perlawanan terhadap prinsip keras dalam beragama sebagaimana yang disampaikan kalangan Islam ekstrim terhadap kami,” ujarnya lagi.

Sejumlah harian Italia menyebutkan bahwa pada satu pekan terakhir, PM Italia Silvio Berlusconi’ telah meminta Calderoli untuk bersikap lebih bijak terhadap masalah kartun Nabi Saw. (na-str/bbc)