Seolah Dibiarkan Militer Yaman, Syiah Houthi Kuasai Kota Terbesar Kedua

Followers of the Shi'ites Houthi group watch a televised speech by the group's leader Abdul Malik al-Houthi as they attend a ceremony marking th Eid al-Ghadir in SanaaPemberontak Syiah Yaman telah merebut kota Laut Merah , Hudeida, rumah bagi pelabuhan terpenting kedua di negara ini, hanya beberapa minggu setelah merebut ibukota, kata seorang pejabat keamanan Selasa, menurut Agence France-Presse.

“Militan Syiah Houthi menyerang  instalasi vital, termasuk bandara dan pelabuhan,” kata pejabat keamanan.

Dia mengatakan seorang penjaga keamanan tewas ketika pemberontak merebut kendali  di kota, yang merupakan rumah bagi lebih dari dua juta orang Sunni.

Seolah dibiarkan oleh militer Yaman, pemberontak Syiah Houthi hanya alami  sedikit perlawanan untuk menyapu ke Hudeida, terletak di sebelah barat Sanaa, dan mengambil alih pelabuhan udara dan laut.

Sumber-sumber militer dan pemberontak menegaskan bahwa militan Houthi terlihat dikerahkan di jalan-jalan utama di Hudeida.

Para pemberontak Syiah menyerbu ke Sanaa pada 21 September, dengan mudah merebut instalasi pemerintah kunci.

Sumber-sumber militer telah memperingatkan bahwa pemberontak sedang mencari untuk mengendalikan Hudeida dan untuk memperluas kehadiran mereka keselat al-Mandab , yang mengarah ke Terusan Suez. (Arby/Dz)