Selama 30 Tahun, Pria Saudi Ini Menawarkan Tumpangan Gratis untuk Jamaah Haji

Eramuslim.com – Banyak cara mendulang pahala. Contohnya adalah amalan yang dilakukan Ayed Al Jarhadi ini.  Pria Arab Saudi ini telah menggunakan mobil pribadinya untuk mengangkut jamaah haji secara gratis selama 30 tahun dari kota perbatasan ke kota suci Makkah.

Ayed mulai menjadi sukarelawan selama tiga dekade lalu untuk menyediakan tumpangan bagi tamu Allah dari perbatasan utara Saudi di Arar untuk mencapai Makkah selama musim haji.

“Saya mengangkut orang tua dan wanita secara gratis untuk meraih ridha Allah,” katanya kepada Al Arabiya TV.

Beberapa orang Saudi secara sukarela setiap tahun menawarkan berbagai layanan dan perawatan kepada para peziarah, yang biasa disebut sebagai “tamu Allah “.  Salah satunya adalah Fahd Al Hamli.

Ia selama bertahun-tahun telah menjamu ratusan jamaah haji di rumah pertaniannya di Kegubernuran Majmaah di Arab Saudi tengah di mana dia akan memberi mereka makanan dan kopi Saudi yang terkenal.

“Ini sejalan dengan tradisi kerajaan, keramahtamahan Arab dan Saudi,” katanya kepada TV Al Arabiya pekan lalu.

Al Hamli ditampilkan dalam video yang menjadi tuan rumah delegasi Rusia setelah kedatangan mereka di kerajaan untuk persiapan haji bulan ini.  Tidak jelas sudah berapa lama tuan rumah mempertahankan tradisi tersebut.

Haji, salah satu dari lima rukun Islam, puncaknya akan dimulai minggu terakhir bulan Juni tahun ini.  Muslim, yang secara fisik dan finansial mampu melakukan haji, harus menunaikannya setidaknya sekali seumur hidup.

(Hidayatullah)

Beri Komentar