Sekretaris Pertahanan AS Pun Akan Segera Mengundurkan Diri

Robert Gates, sekretaris pertahanan AS mengatakan bahwa ia ingin mundur setelah pasukan Amerika memulai penarikan mereka dari Afghanistan yang dijadwalkan Juli tahun depan.

Robert Gates, seorang Republikan yang bertugas di bawah kepresidenan George W Bush dan Barack Obama, mengumumkan pada hari Senin lalu bahwa dia ingin berhenti dari posisinya sebelum tahun 2012, tahun pemilu.

"Ini bukan jenis pekerjaan yang Anda inginkan untuk mengisi musim pemilihan presiden. Jadi saya pikir tahun 2011 kelihatannya baik (untuk mengundurkan diri—Red)."

Gates mengatakan bahwa ada wacana penarikan pasukan akan mulai menarik diri dari Afghanistan pada bulan Juli. Namun komentar ini bertentangan dengan pendapat komandan paling senior di Afghanistan, Jenderal David Petraeus. Petraeus mengatakan dia berhak untuk melakukan penundaan jika pertempuran tidak berjalan dengan baik.

Gates bertugas di departemen pertahanan sejak 2006.

Di sisi lain, penarikan pasukan asing dari Afghanistan meresahkan para pejabat Afghanistan yang dikenal sangat jauh dari rakyat. Registani Saleh, seorang anggota parlemen Afghanistan dari provinsi Panjshir, mengatakan penarikan pasukan asing sepenuhnya akan menjadi bencana. "Kalau mereka ditarik keluar pada pukul 11, Taliban akan berkuasa pukul 12 siang," katanya ketar-ketir. (sa/vVancouversun)