Sekarang, Sehari Satu Insiden Bunuh Diri Terjadi di Kalangan Tentara AS

Sekarang, Sehari Satu Insiden Bunuh Diri Terjadi di Kalangan Tentara AS

Tingkat bunuh diri di kalangan personel militer AS telah meningkat secara dramatis, rata-rata hampir satu insiden bunuh diri per hari dalam tahun ini, yang merupakan level terburuk di negara itu hampir 11 tahun perang AS di Afghanistan.

154 kasus bunuh diri untuk tentara yang aktif bertugas di 155 hari pertama tahun ini melebihi jumlah tentara Amerika yang tewas dalam aksi di Afghanistan dengan sekitar 50 persen, menurut statistik Pentagon yang diperoleh Associated Press.

Hampir 6.500 tentara AS tewas dalam perang di Afghanistan dan Irak sejak Oktober 2001.

Memerangi kelelahan, gangguan stres pasca trauma, dan penyalahgunaan obat dianggap sebagai faktor penting di balik lonjakan bunuh diri tersebut.

Meningkatnya jumlah korban militer di Afghanistan telah menyebabkan kemarahan meluas di AS dan negara anggota NATO, sehingga mengurangi dukungan publik untuk perang Afghanistan.

Perang pimpinan AS di Afghanistan dimulai pada tahun 2001. Serangan itu dalam upaya menghapus Taliban dari kekuasaan, tapi ketidakamanan terus meningkat di Afghanistan, meskipun kehadiran sekitar 130.000 pasukan asing pimpinan Amerika. (fq/prtv)