Sejumlah Tokoh Nasional Kagumi Sosok Hussein Umar

Amir Majelis Mujahidin Abu Bakar Baasyir menyatakan terkesan dengan almarhum Ketua Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia Hussein Umar. Menurutnya, Hussein Umar adalah tokoh Islam pertama yang muncul saat pembebasannya di LP Cipinang Jakarta Timur beberapa waktu lalu.

"Saya terkesan, belum ada tokoh yang lain, beliau langsung mendesak ke depan untuk ketemu dengan saya ketika akan dibebaskan. Dia orang pertama yang menyalami saya, itu kesan saya, " ujarnya saat melayat di gedung Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia Jakarta hari Kamis 19 April 2007.

Abu Bakar Baasyir juga mengaku terkesan dengan sosok Hussein Umar yang istiqomah di dalam mengurus DDII dan berkarakter berani ketika menjadi pengurus partai. Menurutnya keberanian itu ditunjukkan Hussein Umar ketika berhasil menggolkan penghapusan asas tunggal. "Ia salah satu yang kita anggap berjasa, di samping itu dalam mengurus DDII beliau sangat istiqomah. Kita merasa kehilangan, tapi Insya Allah ada yang melanjutkannya, " kata Baasyir.

Sementara itu ketua umum PP Muhammadiyah Din Syamsudin juga terkesan dengan figur kepemimpinan dari almarhum Hussein Umar yang selalu berani dan komitmen dalam menegakkan kebenaran dan menghancurkan kebatilan. "Watak pemimpin inilah yang sangat langka dan diperlukan bagi umat Islam dan Bangsa Indonesia."

Ketika jenazah datang, Abu Bakar Baasyir ikut berdesakan dengan para pelayat yang lain untuk membantu mengangkat keranda. Dan ketika jenazah dibaringkan di aula gedung DDII, beliau langsung memberikan ciuman perpisahan kepada rekannya sesama tokoh dakwah tersebut.

Tampak hadir di antara ratusan pelayat yang memadati gedung DDII antara lain mensesneg Yusril Ihza Mahendra, Wakil Ketua Komisi III DPR Almuzammil Yusuf, mantan Menteri Agama Orde Baru Tarmizi Taher, Wakil Ketua DPR Zaenal Maarif, wagub DKI Fauzi Bowo, serta pengurus ormas-ormas Islam lainnya.(novel)