Saudi akan Gelar KTT Aliansi Militer Negara Muslim Maret 2016

Eramuslim.com – Arab Saudi bakal menjadi tuan rumah KTT Aliansi Militer negara-negara Islam bulan depan, tulis Al Arabiya, Rabu (10/2/2016). Indonesia dikabarkan mendukung aliansi anti terorisme ini.

Tiga puluh lima negara yang masuk dalam aliansi ini bersama Saudi adalah: Yordania, Uni Emirat Arab, Pakistan, Bahrain, Bangladesh, Benin, Turki, Chad, Togo, Tunisia, Jibuti,Senegal, Sierra Leone, Somalia, Gabon, Guinea, Palestina, Komoro, Qatar, Pantai Gading, Kuwait, Lebanon, Libya, maladewa,Mali, Malaysia, Mesir, Maroko, Mauritania, Neger, Nigeria, dan Yaman. Tidak ternyantum dalam dafatar ini adalah tiga negara Islam Syiah: Iran, Irak dan Suriah.

raja salman - Saudi“Lebih dari sepuluh negara berpenduduk mayoritas Muslim lainnya juga menyatakan niatnya mendukung aliansi ini dan bakal mengambil langkah penting untuk bergabung, termasuk Indonesia,” tulis pernyataan yang dikutip Saudi Press Agency.

Aliansi yang bertujuan memerangi terorisme ini dibentuk pada Desember lalu, dan disepakati pusat komandonya berlokasi di Riyadh, ibu kota Saudi. Mayoritas anggota aliansi ini juga adalah anggota Organisasi Kerja sama negara-negara Islam OKI yang dibentuk pada 1981.

“Tugas aliansi ini adalah untuk melindungi negara Islam dari aksi para gerombolan atau organisasi teroris apa pun nama sekte keagamaannya yang kerap menimbulkan kematian dan menjarah apa pun di muka bumi serta meneror orang-orang tak bersalah.” Tulis pernyataan tersebut.(ts/inilah)