Saudi Airlines Tambah Jadwal untuk Bawa 300 Jamaah Haji Suriah ke Jeddah

Sekitar 300 jamaah haji Suriah diterbangkan oleh Saudi Airlines ke Jeddah setelah Kerajaan itu memfasilitasi visa prosedur di Beirut, surat kabar melaporkan pada hari Rabu kemarin (24/10).

Untuk membantu mengangkut para jamaah haji Suriah, maskapai nasional Saudi menambah satu jadwal untuk penerbangan lagi, yang awalnya berakhir Senin lalu untuk membawa peziarah ke Jeddah sebelum dimulainya Idul Adha pada hari Jumat besok, surat kabar berbasis di Beirut The Daily Star melaporkan.

Arab Saudi sendiri telah menutup kedutaan besarnya di Damaskus Suriah pada bulan Maret setelah rezim Presiden Suriah Bashar al-Assad menuduh Kerajaan Saudi menyediakan senjata dan dana bagi pejuang anti Assad yang Damaskus sebut “genk teroris.”

Menurut surat kabar, pesawat Saudi Airlines Rabu kemarin telah mengangkut 353 jamaah termasuk 300 warga Suriah, tujuh warga Lebanon dan 20 anak-anak.

Raja Saudi Abdullah Bin Abdul-Aziz memerintahkan kedutaan di Lebanon, Yordania dan Turki untuk memberikan visa bagi warga Suriah yang ingin ikut mengambil bagian dalam ibadah haji.(fq/aby)