Ini Kota di AS yang Penduduknya Mayoritas Muslim

Eramuslim – TAHUKAH Anda, ada satu kota di Amerika Serikat yang penduduknya mayoritas Muslim. Kota tersebut yakni Hamtramck yang lokasinya di dekat Kota Detroit, negara bagian Michigan.

Dilansir dari VoA pada Sabtu (20/9/2019), penduduk Hamtramck pada awalnya bukan mayoritas Muslim. Sebab pada 1970-an Hamtramck sebetulnya dikenal sebagai kota dengan mayoritasnya atau sekitar 90 persen penduduknya merupakan keturunan Polandia. Namun pada 2000-an, banyak imigran Muslim dari Yaman, Bangladesh dan Bosnia hijrah ke sana.

Kemudian berdasarkan hasil sensus pada 2016, Hamtramck tercatat hanya memiliki 10 persen penduduk keturunan Polandia. Sementara persentase warga Muslim melonjak menjadi 60 persen.

Baru kemudian Kota Hamtramck dinyatakan sebagai kota pertama di Amerika Serikat yang mayoritas penduduknya Muslim pada 2014. Tidak heran bila berjalan-jalan di kota berpenduduk sekitar 24.000 orang itu, Anda akan berpapasan dengan sejumlah perempuan yang mengenakan burqa, dan melewati restoran-restoran yang menyajikan makanan halal.

Menurut Shaffwab Ahmed, seorang pemuda yang sering terlibat dalam kegiatan sosial di kota itu, proses Hamtrack menjadi kota yang mayoritas penduduknya Muslim tidaklah mulus. Warga keturunan Polandia banyak meninggalkan Hamtramck karena Islamophobia. Pada 2015, kekhawatiran semain menjadi-jadi, setelah mayoritas anggota dewan kota adalah Muslim. Bahkan sempat muncul kekhawatiran bahwa kota itu akan menerapkan hukum Islam, atau Syariah.