Said El-Katatni Terpilih Menjadi Ketua Partai Kebebasan dan Keadilan Ikhwan

Saad El-Katatni, mantan sekretaris jenderal Partai Kebebasan dan Keadilan (FJP) Ikhwanul Muslimin , memenangkan pemilu internal pada hari Jumat kemarin (19/10)

Pada hari Jumat sore, Hussein Ibrahim, kepala komisi pemilihan partai, mengumumkan El-Katatni sebagai pemenang dengan mendapat 581 dari 864 suara.

El-Katatni, 60 tahun, adalah seorang ahli mikrobiologi yang bekerja sebagai profesor di fakultas Science di Universitas Minya dari tahun  1994 sampai 1998. Dia bergabung dengan Ikhwan pada tahun 1981 dan terpilih menjadi anggota maktab al-isryad pada tahun 2008.

Dia pertama kali mendapat perhatian publik ketika dia dipilih menjadi pembicara parlemen di tahun pertama Mesir pasca-revolusi. Dia secara historis bersandar pada Ikhwan yang lebih konservatif.

El-Katatni, yang pada pemilihan internal slogannya adalah “sebuah partai yang kuat untuk membangun Mesir,” mengalahkan saingannya Ketua PJS partai Ikhwan Issam El-Arian.

Presiden pertama FJP adalah Muhammad Mursi, yang mengundurkan diri dari jabatannya setelah terpilih sebagai presiden Mesir pada bulan Juni lalu.(fq/alahram)