Rusia Klaim Tewaskan 49 Pejuang Islam di Kaukasus Utara

Pasukan keamanan Rusia mengklaim telah menewaskan 49 gerilyawan dalam operasi di seluruh wilayah Kaukasus Utara, di mana gerilyawan berjuang untuk membebaskan negara-negara Muslim yang ada di sana, pejabat tinggi badan anti-terorisme Rusia mengatakan pada hari Minggu kemarin (21/10).

Badan anti-terorisme Rusia mengatakan sembilan pemimpin lokal pejuang di antara mereka yang tewas dan 30 pejuang lainnya ditahan.

Badan, yang berfungsi sebagai corong untuk lembaga penegak hukum yang beroperasi di wilayah tersebut, tidak memberikan jangka waktu untuk melakukan operasi, yang diluncurkan beberapa hari setelah Presiden Vladimir Putin memimpin pertemuan Dewan Keamanan negara.

Putin mengatakan kepada pasukan keamanan untuk memastikan bahwa para pejuang tidak melancarkan serangan pada Olimpiade Musim Dingin 2014 dan acara tinggi tinggi lainnya yang direncanakan berlangsung di Rusia.

Emirat Islam Kaukasus sebelumnya telah bersumpah untuk menyerang Olimpiade yang akan diadakan di Sochi, wilayah barat kaukasus berpenduduk mayoritas Muslim di mana mereka melancarkan operasi hampir setiap hari terhadap pemerintah daerah dan aparat penegak hukum.(fq/wb)