Retorika Saudi , dan Invasi ke Suriah (Aksi Militer yang Tidak Jadi-Jadi?)

menlu saudi1Menteri Luar Negeri Saudi , Saud al-Faisal menyerukan kepada masyarakat internasional pada hari Selasa untuk mengambil sikap “tegas dan serius”  terhadap rezim Presiden Suriah Bashar al-Assad.

“Penolakan terhadap rezim Suriah harus dari sikap yang serius dan sungguh-sungguh …. membutuhkan sikap masyarakat internasional untuk menentukan dan serius untuk menghentikan tragedi kemanusiaan rakyat Suriah, “kata Pangeran al-Faisal, menurut kantor berita negara SPA.

Sementara itu, Liga Arab menyalahkan Presiden Suriah Bashar al-Assad untuk serangan senjata kimia di luar Damaskus, mendesak 15-anggota Dewan Keamanan PBB untuk segera bertindak.

Liga Arab tuntut Suriah harus  “bertanggung jawab penuh atas kejahatan  dan tuntutan bahwa semua pelaku kejahatan keji ini harus dihadirkan dalam pengadilan  internasional,” pernyataan ini   dikeluarkan setelah pertemuan darurat , meski aksi militer tidak disebutkan.

Sumber-sumber diplomatik mengatakan bahwa pernyataan Liga Arab telah didorong melalui desakan  negara-negara Teluk, khususnya Arab Saudi dan Qatar.

Kedua negara tersebut menjadi  pendukung paling tajam terhadap pemberontak Suriah dan telah menekan untuk tindakan nyata terhadap rezim Suriah. (Arby/Dz)