Ratusan Wanita Saudi Luncurkan Petisi ke Raja Abdullah Agar Diizinkan Mengemudi

Ratusan Wanita Saudi Luncurkan Petisi ke Raja Abdullah Agar Diizinkan Mengemudi

Ratusan wanita Saudi telah mengajukan petisi kepada penguasa Kerajaan Raja Abdullah untuk mempertimbangkan kembali larangan mengemudi bagi perempuan dan memungkinkan mereka untuk mendapatkan izin mengendarai mobil sendiri.

Ditandatangani oleh lebih dari 600 perempuan Saudi, mereka meminta raja untuk memberi izin mengemudi bagi perempuan yang telah mendapatkan surat izin mengemudi dari negara tetangga dalam upaya untuk membantu mereka dalam menjalankan tugas-tugas pribadi.

“Kami hanya ingin menikmati hak untuk mengemudi seperti semua perempuan di seluruh dunia,” kata petisi yang ditandatangani oleh Manal al-Sherif, yang meluncurkan kampanye internet tahun lalu yang mendesak wanita Saudi untuk menentang larangan mengemudi.

Para pemohon menyatakan bahwa mereka tidak berafiliasi ke partai politik atau negara asing tertentu.

Mereka juga meminta Raja Abdullah untuk mendirikan sekolah mengemudi bagi perempuan dan (mulai) mengeluarkan izin mengemudi bagi perempuan, sembari mengatakan bahwa 5.000 wanita Saudi telah mengajukan permohonan untuk mendapat surat izin mengemudi dalam satu tahun terakhir.

Aktivis Saudi mengatakan petisi itu akan diserahkan kepada raja pada ulang tahun pertama kampanye Women2Drive yang diluncurkan pada tanggal 17 Juni 2011.(fq/prtv)