Qatar Menyambut Pendirian Kantor Taliban di Doha

Qatar menyambut baik kantor gerakan Taliban yang baru dibuka di Doha, yang bertujuan untuk memfasilitasi upaya pengadaan negosiasi antara mereka dan pihak-pihak terkait dalam rangka mencapai perdamaian dan keamanan di Afghanistan.

Sebuah sumber di kementerian Luar Negeri Qatar menyatakan bahwa negaranya sangat mendukung upaya apaun yang membawa kepada perdamaian yang langgeng dan konfrehensif serta mewujudkan persatuan diantara rakyat Afghanistan.

Menteri Luar Negeri Qatar, Khalil al-Attiyah dalam sebuah wawancara telepon dengan al-Jazeera mengatakan bahwa dibukanya kantor Taliban di Doha mengarah kepada kemungkinan segala pihak untuk duduk di meja perundingan dan dengan demikian diharapakan dicapai solusi antara kedua belah pihak yang bertikai di tahun 2014 mendatang.

Presiden Barack Obama dan Presiden Afghanistan, Hamin Karzai mengumumkan setelah mengadakan pembicaraan singkat sebelumnya bahwa mereka mendukung pendirian kantor di Doha untuk tujuan negosiasi antara Dewan Perdamaian Tinggi dan perwakilan resmi dari Taliban. Kedua presiden meminta kepada Qatar agar memfasilitasi upaya dalam hal ini. (hr/al-Jazeera arabic)