Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Nayef Tutup Usia

Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Nayef Tutup Usia

Putera Mahkota Arab Saudi Nayef bin Abdulaziz al-Saud dilaporkan telah meninggal di Jenewa, Swiss. Kantor berita Reuters melansir berita tersebut mengutip dari televisi Saudi, Sabtu hari ini 16 Juni 2012. Nayef yang menjabat sebagai Wakil Perdana Menteri dan Menteri Dalam Negeri sejak tahun 1975 diduga wafat karena sakit.

Nayef, yang diyakini berusia 78 tahun, dan merupakan pewaris takhta Raja Abdullah, dinobatkan sebagai putera mahkota pada Oktober 2011 lalu, menggantikan kakaknya, Putra Mahkota Pangeran Sultan yang meninggal.

Televisi pemerintah Saudi mengatakan Nayef akan dimakamkan di Makkah pada Minggu besok 17 Juni 2012.

Pangeran Nayef dikenal lebih konservatif dibandingkan Raja Abdullah. Dia salah satu tokoh yang menentang reformasi yang diajukan sang raja dan juga sosok yang mengembangkan infrastruktur yang kokoh untuk menghancurkan Al Qaidah serta mengurung sejumlah aktivis politik.

Dengan kematiannya ini, Raja Abdullah 89 tahun, harus memilih pewaris takhta baru untuk kedua kalinya dalam sembilan bulan. Yang diprediksi bakal menggantikan Nayef adalah adiknya, Pangeran Salman, yang saat ini menjabat sebagai menteri pertahanan dan salah satu tokoh paling senior di kerajaan Saudi.(fq/reu)