Putra Jenderal Bintang Tiga Amerika Itu Tewas Di Afghanistan

Putra seorang jenderal bintang tiga Amerika dilaporkan tewas di Afghanistan. Jenderal yang dimaksud adalah John Kelly, ia merupakan ayah dari Letnan Dua Robert Kelly yang tewas dalam ledakan bom pinggir jalan selama patroli jalan kaki di Provinsi Helmand.

John Kelly menjabat sebagai komandan Marinir di Irak pada tahun 2008 ketika ia memerintahkan pasukan marinir yang berbasis di provinsi Anbar. Dia sekarang mengawasi unit cadangan semua di Korps Marinir sebagai kepala Angkatan Laut.

Sedangkan anaknya, Robert Kelly, 29, bertugas di Batalyon 3, Resimen Marinir ke-5, yang telah kehilangan 14 tentaranya, tewas dalam hanya enam minggu pertempuran di Afghanistan.

Batalyon ini beroperasi di Kabupaten Sangin di provinsi Helmand utara, yang asalnya dipegang oleh tentara Inggris. Marinir AS mengambil alih tanggung jawab untuk area ini bulan September silam.

Dan dengan sebagian besar wilayah Helmand yang sekarang di bawah kendali koalisi, Sangin dipandang sebagai salah satu ajang pembantaian tentara asing termutakhir oleh Taliban di provinsi ini.

Sangin selalu dikenal sebagai medan yang sulit. Tiga kelompok tentara Inggris di Sangin masing-masing 17, 30 dan 22 orang terbunuh dalam waktu hanya enam bulan.

Robert Kelly asalnya juga bertugas di Irak. Komandan Korps Marinir, Jenderal James Amos, menyatakan belasungkawa kepada keluarga Kelly. Dalam sebuah pernyataan, ia mengatakan ia "sangat sedih karena berita tewasnya Robert Kelly." (sa/abcnet)