Presiden Nigeria Bersumpah untuk Menindak Tegas Kelompok Boko Haram

Presiden Nigeria Bersumpah untuk Menindak Tegas Kelompok Boko Haram

Presiden Nigeria Goodluck Jonathan, Senin kemarin (25/6) bersumpah akan menindak tegas anggota kelompok Boko Haram yang telah melakukan serangan yang memakan korban ratusan nyawa di Nigeria.

“Sebuah kelompok tak berwajah yang menjadi musuh demokrasi dan kemakmuran bangsa kita terus melakukan serangan teroris terhadap warga tak berdosa di negara kita ini,” katanya kepada para senator.

Pemberontakan Boko Haram di utara yang didominasi Muslim dan di kota Abuja telah menewaskan ratusan orang sejak pertengahan-2009.

“Perkembangan ini adalah salah satu yang sangat menarik perhatian saya sebagai presiden, dan merupakan salah satu upaya saya adalah akan menindak tegas mereka,” ujarnya.

Jonathan meminta dukungan para senator, untuk mengatasi ancaman tersebut.

“Kita harus bekerja bersama di bawah kontrak sosial dan politik baru, untuk menjaga bangsa kita,” kata Jonathan, yang pada hari Minggu lalu mengatakan Boko Haram berusaha menghasut krisis agama dengan menyerang gereja-gereja dalam upaya untuk mengacaukan pemerintahan.

“Mari kita bersatu untuk mengalahkan kekuatan kegelapan.”

Sementara menjanjikan untuk terus menata kembali keamanan, ia menekankan perlunya untuk membentuk undang-undang baru yang akan membuat lebih mudah untuk melacak, menghalangi, mengadili dan menghukum teroris.(fq/afp)