Posisi Ikwan dalam Pembicaraan dengan UE : Kembalikan Kekuasaan Mursi, Militer Kembali ke Barak

ikhwan33Ikhwanul Muslimin Mesir menyangkal pada hari Kamis mengadakan pembicaraan dengan pimpinan militer, menyusul adanya berita dari Reuters bahwa kelompok Islam itu  yang dimediasikan Uni Eropa  telah membuat kerangka kerja penyelesaian krisis politik Mesir.

“Tidak benar , bahwa ada pembicaraan negosiasi dengan atau tanpa mediasi antara Ikhwan dan pemimpin kudeta militer,” kata Jihad al-Haddad, juru bicara Ikhwanul.

Sebelumnya, Reuters mengutip Haddad, yang mewakili gerakan dalam pembicaraan dengan Uni Eropa yang difasilitasi sebelumnya, yang mengatakan bahwa proposal telah dibuat untuk utusan Bernardino Leon .

Leon menegaskan kepada Reuters bahwa ia telah menawarkan “jasa baik” Uni Eropa untuk membantu menyelesaikan krisis, meskipun ia mengatakan istilah “mediator” terlampau melebih-lebihkan perannya.

Usulan Uni Eropa, seperti yang dijelaskan oleh Haddad, masih dalam tahap awal.

Menurut Reuters. Haddad tidak memberikan rincian, dia hanya menggambarkannya sebagai “kerangka kerja” untuk membuka dialog, dan tetap bersikeras untuk mengembalikan kekuasaan Mursi.

Haddad juga mengatakan tidak jelas siapa pihak yang akan mewakili sisi berlawanan: militerkah atau politisi.

“Kita membutuhkan pihak ketiga.  Bahkan tidak jelas siapa pihak ketiganya. Apakah tentara? NSF? “Katanya, mengacu pada Front Keselamatan Nasional yang terdiri dari kelompok-kelompok politik yang menentang Mursi.

Leon, yang berbicara melalui telepon dari pesawat, menolak untuk masuk ke dalam rincian dari setiap proposal yang telah diterima tetapi ia mengatakan dialog akan terbuka untuk semua pihak.

“Ini terlalu dini untuk berbicara. Kami hanya mendengarkan semua  pihak dan posisi mereka dan setiap ruang yang mungkin untuk mendukung keterbukaan. Kami percaya bahwa ini harus menjadi dialog Mesir dan tidak ada aktor asing, “kata Bernadino kepada Reuters.

Haddad mengatakan Ikhwan akan bersedia untuk bernegosiasi atas setiap isu politik, termasuk pemilihan umum baru untuk menggantikan Mursi sebagai presiden, tapi bersikeras langkah awalnya adalah  tentara harus mengembalikan Mursi kepada kekuasaan terlebih dahulu.

“Pertama, mereka harus membalikkan kudeta,” katanya. “Anda tidak bisa datang pada masalah dan menggulingkan pemimpin terpilih …. Ini adalah posisi kami, “katanya dalam sebuah wawancara.

“Kedua pihak  memiliki posisi yang sangat tegas, tapi pada saat yang sama kita berpikir bahwa mereka tidak benar-benar tertutup dan ada kemungkinan dapat saling mendekat.., saya tidak berkata optimis, tapi setidaknya aku bisa mengatakan juga tidak pesimis. ”

Pemerintah sementara telah mengundang Ikhwan untuk berpartisipasi dalam transisi menuju pemilihan umum baru, diharapkan dalam waktu sekitar enam bulan. Ikhwan telah menolak tawaran mereka dan menganggap tawaran itu sebagai propaganda.

Haddad mengatakan pemerintah bertekad untuk menghancurkan Ikhwanul Muslimin , dan memastikan Ikhwan untuk tidak pernah memenangkan pemilu lagi.

“Mereka harus memberikan Ikhwanul pukulan telak dan memastikan ikhwan tidak akan mampu bersaing lagi. Bagaimana cara mereka melakukannya? Mereka akan membekukan aset, menangkap pemimpin puncak, menutup partai dan kantor pusat Ikhwan dan kantor di seluruh negeri, dan membunuh tokoh Ikhwan di jalan, “katanya.

“Dan mereka pikir kita akan mengalah? Ingat, kami  adalah sebuah organisasi yang dibangun selama 86 tahun di bawah rezim yang menindas. Itulah sifat organisasi kita. Mereka hanya mendorong kita kembali ke dalamnya. ”

“Kita akan memaksa militer kembali ke barak, dan mereka harus diberi pelajaran untuk tidak melibatkan pimpinan mereka kembali ke panggung politik lagi…,” katanya. (Arby/Dz)