Polling: Bush Ancaman Utama Perdamaian Dunia, Bukan Iran atau Korut

Sebuah polling di Inggris, Kanada dan Meksiko menyimpulkan bahwa Bush memang tengah menuai kebencian masyarakat dunia. Dalam polling itu, mayoritas responden menyatakan bahwa George Bush adalah tokoh paling berbahaya bagi keamanan dunia ketimbang pemimpin Korea Utara dan Iran, dua negara yang dianggap Bush sebagai poros setan di dunia.

Dalam polling yang hasilnya dilansir oleh harian The Guardian, mayoritas responden di Inggris, Kanada, Meksiko dan sejumlah negara Amerika latin, yakin bahwa politik luar negeri AS yang dikendalikan Bush sangat berperan terhadap semakin berkurangnya keamanan dunia sejak 2001.

Sebanyak 75% responden dari Inggris menyebut Bush sebagai ancaman paling serius terhadap keamanan dunia. Sementara Usamah bin Laden berada di atas Bush yang juga dianggap sebagai ancaman serius di dunia, oleh 87% responden. Hanya 69% responden saja yang menganggap Presiden Korea Utara Kim Jong sebagai ancaman perdamaian. 65% responden juga menganggap Hasan Nashrullah pimpinan Hizbullah Libanon, sebagai ancaman perdamaian dunia, disusul oleh Presiden Iran Mahmud Ahmadinejad oleh 62% responden.

Polling yang juga melibatkan media massa Israel Haaretz, media massa Kanada Toronto Star dan media massa Meksiko Roverma ini menyebutkan 89% orang Meksiko merasakan bahwa perang untuk menaklukkan mendiang penguasa Irak Saddam Husein itu tidak beralasan. Sementara sebanyak 73% reponden asal Kanada dan 71% responden asal Inggris menyatakan hal yang sama. Dan Israel adalah satu-satunya responden yang mendukung Bush melancarkan operasi militer di Irak. Ada 57% responden Israel yang mendukung perang AS di Irak, sementara 34% lainnya menolak.

Polling yang digelar sejak 27-30 Oktober ini melibatkan 1.010 responden di Inggris, 1.078 responden di Israel, 1.007 di Kanada, dan 1.010 di Meksiko. (na-str/iol)