Polisi Ceko Gagalkan Serangan Ala Teroris Kristen Breivik

Polisi Ceko Gagalkan Serangan Ala Teroris Kristen Breivik

Kepolisian Republik Ceko menahan seorang laki-laki yang diduga merencanakan serangan maut seperti yang dilakukan teroris Kristen Anders Behring Breivik di Norwegia beberapa waktu lalu.

Laki-laki berusia 29 tahun itu dijerat tuduhan kepemilikan ilegal senjata api dan membahayakan keselamatan masyarakat.

Dalam flat laki-laki itu di kota Ostrava ditemukan berbagai senjata api, bahan peledak dan seragam polisi.

Tak hanya itu, polisi mengatakan laki-laki itu menggunakan nama Breivik sebagai nama panggilannya di dunia maya.

“Kami menduga laki-laki berusia 29 tahun ini merupakan simpatisan Anders Behring Breivik sang pembunuh dari Norwegia,” kata Direktur Markas Regional Kepolisian Ceko, Tomas Tuhy dalam sebuah jumpa pers.

Polisi menambahkan sejauh ini belum diketahui target tersangka namun memastikan semua senjata dan bahan peledak milik tersangka semuanya dapat difungsikan.

Polisi sebenarnya menggeledah apartemen tersangka pada 10 Agustus lalu namun baru kini membeberkan temuannya.

Polisi menggerebek apartemen tersangka yang belum disebutkan namanya itu setelah mendapat informasi tersangka berencana melakukan peledakan menggunakan bom yang dibuat dari bagian-bagian bom pesawat tempur.

Saat ditahan, tersangka membawa sebuah pengendali jalrak jauh. Selain itu, sebanyak 400 butir peluru juga ditemukan di apartemen tersangka.

Sementara itu, para tetangga tersangka kepada media setempat mengatakan mereka mengira tersangka memiliki kelainan mental namun tidak terlihat seperti teroris.(fq/bbc)