PM Irak Butuh Bantuan Lebih Rezim Jordan untuk Hadapi IS

Jordan's King Abdullah laughs with Iraq's PM Haider al-Abadi during their meeting in AmmanPerdana Menteri Irak Haidar al-Abadi menyerukan bantuan yang lebih besar dengan Yordania dalam pertempuran melawan mujahidin  Negara Islam, hasil dari  pembicaraan Minggu di Amman, media pemerintah melaporkan.

Jordan, negara yang berbatasan dengan provinsi Anbar Irak,  yang telah dikuasai oleh IS, adalah salah satu lokasi yang menjadi target  serangan udara pimpinan AS .

PM Abadi bertemu  dengan Raja Abdullah II dan Perdana Menteri Abdullah Nsur.

PM Abadi mengatakan kepada Nsur bahwa “peningkatan kerjasama” dibutuhkan antara Baghdad dan Amman untuk menghancurkan para jihadis yang menimbulkan “ancaman bagi seluruh wilayah”.

“Visi kami untuk masa depan adalah untuk mengembangkan kerjasama politik, hubungan ekonomi dan perdagangan” tambahnya .

Nsur mengatakan  bahwa Jordan ingin melihat Irak yang “kuat, tidak terpecah, sehingga dapat menjadi kekuatan ” untuk semua negara-negara Arab.

Raja Abdullah juga menjanjikan “dukungan penuh” Jordan untuk Baghdad dan koalisi pimpinan AS “dalam menghadapi organisasi teroris”, kata juru bicara istana.

Kunjungannya ke Yordania datang tak lama setelah Abadi melakukan perjalanan ke Iran,  di mana Abadi juga membahas perang melawan ISIS. (Arby/Dz)