PM Australia: Terima Kasih Obama Atas Terbunuhnya bin Laden

Perdana Menteri Australia Julia Gillard dilaporkan sanagat bersyukur atas kematian Usamah bin Laden—orang yang dianggap sebagai teroris nomor satu di dunia.

Dia mengatakan bin Laden telah menewaskan 10 warga Australia pada tanggal 11 September 2001 dan lebih dari 100 warga Australia dalam serangan teroris berikutnya.

"Kematian Usama bin Laden ini tentu saja merupakan pukulan hebat kepada terorisme. Ini juga ukuran keadilan bagi korban dan untuk dunia yang telah berubah selamanya," katanya.
Gillard mengatakan dia secara pribadi berterima kasih kepada Presiden AS Barack Obama atas pembunuhan terakhir bin Laden.

Gillard dilaporkan berbicara dengan Obama pada hari Sabtu pagi ketika ia sedang berada di Air Force One, kembali dari kunjungan pemberian selamat kepada personel pasukan khusus yang terlibat dalam operasi bin Laden.

"Dalam percakapan kami, saya menyampaikan syukur Australia untuk presiden dan personil militer AS dan pejabat, " katanya.

Gillard juga menegaskan tekad Australia untuk memerangi terorisme dan komitmen militernya di Afghanistan. Ia mengatakan ia dengan jelas kepada presiden Amerika itu bahwa Australia akan memandang misi Afghanistan sebagai tempat yang tak bisa lagi dijadikan tempat berlindung teroris.

"Kita tidak boleh membiarkan diri kita berpuas diri pada Al Qaeda. (Mereka) masih menjadi jaringan teroris ulet dan gigih," katanya. (sa/abcnews)