Pertemuan Vatikan Sepakati Bentuk Forum Muslim-Kristen

Para pemuka agama Islam dan Vatikan sepakat untuk membuat Forum Muslim-Kristen untuk meningkatkan hubungan kedua pemeluk agama tersebut. Forum ini nantinya akan menggelar dialog secara berkala dan dialog pertama akan diselenggarakan pada tanggal 4-6 November di Roma.

Dialog akan dihadiri 24 pemuka agama dan cendikiawan dari kedua belah pihak dan akan mengambil tema antara lain "Cinta Tuhan, Cinta Sesama", "Dasar Teologi dan Spiritual" dan "Kemuliaan Manusia dan Saling Menghormati."

Pembentukan Forum Umat Islam dan Kristiani adalah salah satu hasil dari pertemuan dua hari di Vatikan dengan lima perwakilan dari kalangan Muslim. Pertemuan dipimpin oleh Jean-Louis Tauran, kepala Dewan Dialog Antar Umat Beragama Kepausan. Sementara delegasi Muslim dipimpin oleh Syaikh Addal Hakim Murad, presiden Muslim Academic Trust dari Inggris dan Ibrahim Kalin Silk, professor studi Islam di Georgetown University.

Seperti diketahui, hubungan para pemuka Muslim dan Vatikan merenggang ketika Paus Benediktus melontarkan pernyataan yang menimbulkan kesan bahwa Islam adalah agama yang tidak rasional dan mengajarkan kekerasan, dalam ceramahnya di Regensburg tahun 2006 lalu. Pernyataan Paus itu memicu protes dan kecaman dunia Islam, hingga akhirnya Paus meralat ucapannya ketika ia berkunjung ke Masjid Biru di Turki.

"Kita harus menghidupkan kembali dialog seperti sukses yang pernah diraih oleh Paus Paulus II, " kata Yahya Sergio Pallavicini, wakil presiden Komunitas Islam Italia dalam pertemuan di Vatikan seperti dikutip Reuters.

Menurutnya, dalam pertemuan Forum Muslim-Kristen bulan November mendatang, mereka juga akan membahas masalah terorisme. "Semua pimpinan keagamaan harus memperbaharui pesan-pesan perdamaiannya, untuk mempermudah pengisolasian terhadap para ekstrimis dan menghindari penyalahgunaan agama, " sambung Pallavicini. (ln/iol)