Pertempuran Baru di Goa Mali Utara

Pertempuran baru antara pasukan Prancis dan mali dengan pejuang dari Mujahidin “jama’ah Tauhid wa Jihad di Afrika Barat,” yang dekat kota Gao, Mali utara. Pertempuran ini mengakibatkan korban meninggal dan luka-luka di kedua belah pihak, menurut media di Mali.

Pasukan Perancis dan Mali telah mengumumkan bahwa mereka telah menguasai “Goa” dan daerah-daerah  di dekatnya.

Perjuangan di Mali utara dimulai pada bulan Januari 2012, diikuti oleh kudeta militer pada bulan Maret di tahun yang sama,sehingga kekuasaan menjadi vakum kemudian dieksploitasi oleh kelompok-kelompok bersenjata, untuk menguasai  lebih dari setengah negara.

Dan ada tiga kelompok Mujahidin  terbesar di utara Mali diantaranya : Ansoru addin , dan Tauhid wa Jihad di Afrika Barat, dan al-Qaeda di Maghreb Islam.

Perancis menganggap mereka telah “mengancam  terhadap keamanan internasional,” begitu juga Dewan Keamanan PBB izin membrikan izin intervensi  kekuatan militer gabungan dari sejumlah negara Afrika agar campur tangan di Mali.

Diharapkan bahwa pasukan ini akan mulai bekerja pada bulan September depan, tetapi Perancis sebagai penjajah lama di Mali telah mulai mengintervensi militernya di negara itu pada 11 Januari atas permintaan Pemerintah Mali. (zae/IT)