Perlahan Tapi Pasti, Pasukan Islam Mulai Rebut Kota-Kota Strategis di Somalia

Meski didukung oleh tentara Ethiopia, Pemerintah Somalia mulai kewalahan menghadapi serangan kuat dari pasukan Mahakim Islamiyah. Kini, pasukan Islam telah menguasai kota Pol Porty, sebuah kota strategis yang berjarak sekitar 250 km sisi Utara Mogadishu.

Perebutan kota Pol Porty terjadi setelah 24 jam sebelumnya pasukan Mahakim Islamiyah menguasai kota Eil Adi, sekitar 198 km dari Timur Laut Mogadishu. Sebelumnya, Mahakim Islamiyah telah merebut kota Zohar, yang juga sangat strategis karena berjarak hanya 90 km saja dari utara Mogadishu sebagai ibukota Somalia. Juga kota Mahday yang bersebelahan dengan kota Zohar.

Sejumlah saksi mata mengatakan, kontak senjata antara pasukan Mahakim Islamiyah dan pasukan pemerintah, setidaknya telah menewaskan 15 orang sipil dan tentara pemerintah. Sementara ada 23 orang lainnya yang terluka. Sumber militer Mahakim Islamiyah, yang menolak disebut identitasnya mengatakan, “Kami telah menguasai kota Pol Porty dan Eil Adi, setelah sebelumnya diduduki oleh pasukan Ethiopia yang membantu pasukan Somalia. Kami memperoleh banyak senjata di dua tempat itu.”

Ahmad Ali, salah seorang penduduk kota Pol Porty mengatakan, “Kota ini seluruhnya sekarang sudah dikuasai oleh Mahakim Islamiyah. Pasukan mereka bertakbir dan bertahlil setelah menang mengusir pasukan pemerintah Somalia. Sebagian lagi melakukan salat syukur di jalan-jalan. Pasukan Mahakim Islamiyah juga menguasai sejumlah senjata dan mobil militer milik pasukan pemerintah.”

Ia menambahkan, ada 15 orang yang meninggal dalam kontak senjata. Korban kebanyakan dari pasukan pemerintah.”Saya melihat jenazah beberapa orang yang merupakan anggota pasukan pemerintahan Somalia, ” ujarnya.

Seperti diketahui, Mogadishu, Ibukota Somalia memang telah menjadi ajang perebutan antara pasukan pemerintah Somalia yang didukung pasukan Ethiopia dengan pasukan Mahakim Islamiyah, setelah mereka dipaksa mundur dari Somalia pada akhir tahun 2006. Pasukan Mahakim Islamiyah, yang merupakan asosiasi organisasi Islam di Somalia semula telah menjalankan roda pemerintahan Somalia dengan baik, dengan dukungan penduduknya. Namun, sejumlah negara menuding Mahakim Islamiyah merupakan bagian dari link teroris Al-Qaidah, dan karenanya harus dibasmi. (na-str/iol)