Perbandingan Amerika dan Uni Eropa: Mengapa Presiden AS Begitu Berkuasa?

Dewan Uni-Eropa sudah memlih seorang presiden. Seperti apa perbandingan posisi presiden UE dengan presiden yang lain, terutama dengan presiden AS?

UNI EROPA

POPULASI: 490 juta – GDP : $18.7tn – MILITER: 3.800 pasukan  – LUAS : 4.14m sq km

AMERIKA SERIKAT

POPULASI: 304 juta – GDP : $14,9tn MILITER: 250.000 pasukan di Iraq dan Afghanistan – LUAS: 9.60m sq km

SISTEM PEMILIHAN PRESIDEN  UNI EROPA:

Presiden Uni Eropa dipilih oleh semua pimpinan Dewan Eropa. Ketika dipilih, setiap Negara memiliki jumlah pemilih yang berbeda. Pemenangnya harus punya suara 258 dari 345 pemilih, atau 18 dari 27 negara. Masa kepemimpinan dua tahun setengah. Bisa dipilih kembali satu kali. GAJI: $521,374 per tahun

SISTEM PEMILIHAN PRESIDEN AMERIKA SERIKAT:

Presiden Amerika dipilih oleh sistem pemilu. Dalam pemilu yang biasa, pemenangnya harus meraih 270 dari 538 suara. Obama memanangkan 67 juta suara dari pemilih. Masa kepemimpinan empat tahun setengah. Bisa dipilih kembali satu kali. GAJI: $400.000 per tahun

TUGAS PRESIDEN UNI EROPA:

Bertugas untuk memfasilitasi hubungan dan konsesus tanpa adanya bias nasional. Mewakili UE di luar negeri dalam semua kebijakan dan isyu luar negeri. Tak punya kekuasaan veto. Harus membuat laporan terhadap Dewan UE.

TUGAS PRESIDEN AMERIKA SERIKAT:

Bertugas secara partisan, dipilih berdasarkan platform dan kebijakan tersendiri, biasanya melalui partai politik. Bernegosiasi dan mengendalikan kebijakan luar negeri. Bisa mengizinkan kondisi istimewa tanpa harus ada persetujuan dari Kongres. Bertanggung jawab kepada Kongres.

KONTROL MILITER PRESIDEN UNI EROPA:

Tak ada pengaruh dalam militer.

KONTROL MILITER PRESIDEN AMERIKA SERIKAT:

Komandan langsung kepada semua angkatan perang. Bertanggung jawab atas strategi. Kongress harus setuju dengan rencana perang, tapi presiden bisa memutuskan kapan saja untuk meluncurkan misil.

(sa/bbc)