Pensiun, Sarkozy?

Presiden Prancis, Nicolas Sarkozy, dikabarkan akan mengubah rencana usia pensiun para pekerja di negaranya, dari 62 tahun menjadi 60 tahun. Kontan, rakyat Prancis mencak-mencak dan protes.

Rencana ini disebut sebagai sesuatu yang tidak populer. Bahkan Serikat buruh Perancis langsung mengadakan pemogokan kerja selama 24-jam, Kamis (23/9). Pemogokan ini menjadi yang kedua kalinya dalam satu bulan terakhir.

Pemogokan dimulai pada hari Rabu malam di sektor angkuta umum. Beberapa jalur kereta antarkota, mengabaikan para penumpangnya di stasiun. Kemudian siangnya, jalanan semakin sepi. Bandar udara internasional dilaporkan tidak terpengaruh.

Serikat Prancis dan oposisi sayap kiri mengatakan sudah berencana untuk menaikkan usia pensiun menjadi 62 pada tahun 2018, dan meningkatkan kontribusi pegawai negeri sipil ke tingkat sektor swasta dan itu akan membuat orang bekerja lebih lama.

Serikat (pekerja Prancis) mengatakan hampir 2,7 juta orang melakukan protes pada tanggal 7 September, sementara dari departemen polisi jumlahnya diperkirakan sebesar 1,1 juta. Jumlah suara yang signifikan untuk pemilu.

Hmm, pensiun Sarkozy? (sa/wb)