Pengangguran Naik Di 30 Negara Bagian AS

Angka pengangguran naik di 30 negara bagian AS pada bulan Januari, begitu Departemen Tenaga Kerja AS melaporkan pada Rabu (10/3), bukti bahwa pekerjaan tetap langka di sebagian besar wilayah negara itu.

Ini mungkin lebih baik daripada Desember 2009, ketika itu 43 negara melaporkan tingkat pengangguran yang tinggi. Tapi kondisi 30 negara bagian ini lebih buruk daripada bulan November 2009, karena sekarang harga-harga jatuh drastis.

Lima negara melaporkan rekor-pengangguran yang tinggi di bulan Januari: California, di 12,5 persen; South Carolina, 12,6 persen; Florida, 11,9 persen; North Carolina, 11,1 persen; dan Georgia, 10,4 persen.

Michigan tingkat pengangguran masih tertinggi bangsa, di 14,3 persen, diikuti oleh Nevada, dengan 13 persen dan Rhode Island pada 12,7 persen. South Carolina dan California melengkapi lima teratas.

Tingkat pengangguran yang terendah masih ditemukan di negara Plains, North Dakota dengan tingkat pengangguran 4,2 persen. Nebraska dan Dakota Selatan memiliki tingkat terendah berikutnya, pada 4,6 persen dan 4,8 persen, masing-masing.

Pada bulan Januari, tingkat pengangguran nasional turun menjadi 9,7 persen dari 10 persen bulan sebelumnya. Pekan lalu, Departemen Tenaga Kerja AS mengatakan tingkat nasional tidak berubah pada bulan Februari 9,7 persen, yang lebih baik daripada kebanyakan analis perkirakan.

Data pengangguran AS untuk Februari tidak bisa dirilis sampai akhir bulan ini. (sa/mwn)