Pengadilan AS Mengaku Salah Telah Mengadili Sejumlah Yayasan Muslim

Pengadilan distrik di AS mengakui bahwa pengadilan terhadap sejumlah organisasi sosial Muslim, antara lain Holy Land Foundation, adalah sebuah kesalahan. Untuk itu, semua tuduhan yang diajukan terhadap organisasi-organisasi Muslim itu, dibatalkan.

Hakim A. Joe Fish menyatakan bahwa pengadilan terhadap sejumlah yayasan sosial Muslim itu sebuah kesalahan, setelah para juri di Pengadilan Dallas yang terlibat dalam proses pengadilan tersebut gagal mencapai kata sepakat, meski sudah 19 hari melakukan musyawarah.

"Tugas Anda semua dalam kasus ini sudah selesai, " kata Hakim Joe Fish.

Setidaknya ada 200 tuduhan terhadap enam yayasan sosial Muslim yang diduga telah menyalurkan bantuan bagi pejuang Palestina, utamanya Hamas yang oleh AS dimasukkan dalam daftar organisasi teroris.

Majelis hakim Pengadilan Dallas berhasil mengambil keputusan atas tuduhan terhadap tiga pimpinan yayasan, tapi gagal mencapai kata sepakat menentukan keputusan terhadap dua pimpinan yayasan lainnya, termasuk keputusan bagi yayasannya sendiri. Hakim Joe Fish lalu memerintahkan para juri itu kembali berembug hari Senin (22/10).

Ketika selesai berembug, majelis hakim mengatakan bahwa mereka tidak bisa menyetujui semua keputusan, kecuali keputusan tidak bersalah terhadap 32 tuduhan yang dilontarkan terhadap yayasan Holy Land Muslim Foundation. Semua pengurus Holy Land Foundation yang diajukan ke pengadilan adalah warga negara AS, dan tak satupun yang dikenai tuduhan tindak kekerasan, tapi hanya dugaan terlibat jaringan terorisme dan dituduh telah memberikan bantuan pada Hamas.

Jaksa pemerintah menyatakan akan kembali mengajukan kasus ini setelah pihak pengadilan membatalkannya, namun tidak bersedia memberi keterangan lebih lanjut.

Sejak awal, sudah terlihat ketidakadilan aparat hukum AS dalam menangani kasus ini. Warga Muslim di Negeri Paman Sam itu menganggap kasus ini hanya akal-akalan pemerintah untuk memberangus hak-hak warga Muslim, yang kian marak sejak peristiwa 11 September.

Pengumuman Hakim Joe Fish yang mengatakan bahwa pengadilan terhadap yayasan-yayasan Muslim di AS, yang dituduh memberikan bantuan pada Hamas adalah kesalahan, merupakan tamparan bagi pemerintahan Bush. (ln/iol)