Pendaftar Perjalanan ‘Oneway’ ke Mars Telah Mencapai 100,000 Orang, termasuk 9 Warga Arab

marsoneSembilan Muslim Arab telah memutuskan untuk bergabung dengan lebih dari 100.000 orang di seluruh dunia untuk mendaftar untuk perjalanan hanya “One Way”  ke Mars.

“Mars One” Proyek swasta asal Belanda bertujuan untuk “menjajah” planet merah,Mars  mulai tahun 2022, dilaporkan kantor berita Telegraph.

Dari ribuan pelamar, 40 orang akan dipilih tahun ini,  tahap akhirnya  akan dipersempit menjadi hanya empat penumpang saja, koran itu menambahkan.

Menariknya, kelompok pelamar itu hanya  terdiri  sembilan warga Arab. Berasal dari Maroko dan Palestina, para pelamar berbagi keinginan seperti yang ditunjukkan dalam video di situs berbahasa Arab Al Arabiya.

Kelangsungan beban finansial misi ini masih  dipertanyakan tetapi hal ini tidak mencegah antusias dan harapan sejumlah besar pelamar .

Perkiraan biaya misi adalah $ 6 juta. Mars One berharap untuk meningkatkan dukungan dana , diperlukan  sponsor dan penjualan hak siar kepada perusahaan media, termasuk reality show dari proyek kolonisasi.

Kelompok pertama para calon astronot, yang akan dilatih selama delapan tahun sebelum lepas landas, akan bergabung dengan kru kedua beberapa tahun setelah 2022.

Sebuah kesempatan yang tidak biasa, terutama karena tidak ada perjalanan yang akan kembali ke Bumi.

Namun, prospek itu telah menarik banjir perhatian. Biaya diterapkan tergantung pada asal pemohon, di Amerika Serikat, tiket sekali jalan itu  biayanya hanya $ 38. (Arby/Dz)