Pemimpin Taliban Pakistan Berduka, Komandan Hakimullah Mehsud Gugur Diserang Drone AS

File still image taken from video shows Taliban leader Hakimullah Mehsud sitting beside another manPemimpin Taliban Pakistan Hakimullah Mehsud terbunuh  pada hari Jumat dalam serangan pesawat tak berawak  AS  , dalam sebuah  terbaru bagi kelompok milisi Islam .

Kelompok tersebut  mengkonfirmasi gugurnya  Mehsud , diyakini ia masih berusia  30-an .

” Kami konfirmasi dengan kesedihan mendalam bahwa pemimpin kami terhormat telah menjadi syuhada  dalam serangan pesawat tak berawak AS , ” kata seorang komandan senior Taliban , menurut Reuters .

Pemakaman Mehsud akan dilakukan  pada hari Sabtu di Miranshah , komandan Taliban mengatakan gugurnya beliau akan membangkitkan ketegangan lebih lanjut .

Para pejabat intelijen Pakistan mengatakan kepada Associated Press bahwa agen pemerintah dikirim ke lokasi serangan di daerah suku Waziristan Utara pada hari Jumat juga mengkonfirmasi gugurnya  pemimpin milisi Islam tersebut.

Mehsud , adalah termasuk orang yang paling dicari dalam daftar teroris di AS dengan hadiah $ 5 juta bagi kepalanya , ia dituduh  berada di balik serangan yang  mematikan di sebuah pangkalan CIA di Afghanistan , sebuah bom mobil yang gagal di New York Times Square dan serangan lainnya di Pakistan , Associated Press melaporkan .

Dia berada di daftar teratas  teroris versi  FBI dan  CIA Counterterrorism Center untuk perannya dalam serangan bom pada Desember 2009  yang menewaskan tujuh orang Amerika – perwira CIA dan perwira  keamanan mereka – yang berbasis di Forward Operating Chapman di Khost , Afghanistan. (Arby/Dz)