Pemimpin Syiah Hizbullah, Hassan Ancam Perang Bila Perjanjian Nuklir Iran-Barat Gagal

Lebanon's Hezbollah leader Hassan Nasrallah addresses supporters during a religious ceremony in BeirutPemimpin Syiah Hizbullah Hassan Nasrallah mengancam  peperangan , dalam sebuah penampilan publik pada hari Rabu bahwa jika terjadi kegagalan untuk mencapai kesepakatan dengan sekutunya Iran atas program nuklirnya akan menjadi  perang di kawasan itu . ”

Nasrallah , yang biasanya muncul melalui sambungan video karena takut ancaman pembunuhan terhadap dirinya  , berbicara dalam markas Hizbullah di  selatan Beirut pada saat  liburan agama Syiah – Ashura .

Pertemuan kekuatan dunia yang gagal mencapai kesepakatan dengan Iran selama akhir pekan lalu untuk mengekang program nuklir Iran dengan pertukaran  beberapa bantuan Barat ,  meskipun sudah dilakukan pembicaraan maraton pada tingkat  tinggi di Jenewa .

” Apa alternatif untuk kesepakatan dengan Iran dan negara-negara di dunia bila tidak tercapai , ” tanyanya . ” Alternatifnya adalah perang di kawasan itu . ”

Dan dia menunjuk jari pada Israel , menuduh negara itu berada bersama di pihak  negara-negara Arab .

” Israel tidak ingin ada kesepakatan yang akan mencegah perang di wilayah tersebut . Sangat disesalkan bahwa beberapa negara Arab mengambil sisi yang sama dengan Israel .

” Sangat disesalkan bahwa ( Perdana Menteri Israel Benjamin ) Netanyahu telah menjadi juru bicara untuk beberapa negara-negara Arab . ”

Ini adalah referensi jelas bagi  Arab Saudi dan Qatar , yang pendukung kuat dari pemberontakan terhadap Presiden Suriah Bashar al – Assad , dengan siapa Iran dan Hizbullah yang bersekutu .

” Negara-negara ini menolak setiap solusi politik yang akan menghentikan pertumpahan darah dan kehancuran di Suriah . Mereka juga sangat menentang setiap kesepakatan antara Iran dan negara-negara di dunia.

” Kami memiliki dua sekutu – Iran dan Suriah , ” katanya , ia  menambahkan : ” Kami yakin aliansi itu. ” (Arby/Dz)