Pemerintah ‘Arab Spring” Tunisia Melarang Kelompok Salafi Untuk adakan Kongres

salafi tunisiaPemerintah ‘Arab Spring’ Tunisia akhirnya melarang kelompok Salafi Ansar al-Sharia untuk adakan kongres tahunan pada akhir pekan ini, kata kementerian dalam negeri Tunisia , Jumat kemarin.

“Kami telah memutuskan untuk melarang pertemuan ini, dengan alasan acara itu dapat melanggar hukum dan mengancam ketertiban umum,” kata sebuah pernyataan.

Puluhan ribu Salafi tadinya diharapkan untuk menghadiri kongres tahunan Ansar al-Sharia, sebuah kelompok salafi Tunisia .

“Pada hari Minggu, InsyaAllah kami akan mengadakan kongres dan akan ada lebih dari 40.000 massa di Kairouan,” kata Sami Essid kepada AFP.

Dia mengatakan pertemuan tahunan akan berlangsung setelah shalat ashar di Masjid Agung di Kairouan, di pusat Tunisia, dianggap sebagai kota suci keempat umat Islam.

Terdaftar sebagai organisasi non-pemerintah pada April 2011, Ansar al-Sharia adalah salah satu gerakan Islam militan yang ada di Tunisia pasca revolusi awal tahun lalu yang menggulingkan diktator sekuler Zine El Abidine Ben Ali. (Arby/Dz)